Beranda » Pantai » Tanjung Kelayang, Secuil Surga Di Semenanjung Belitung

tanjung kelayangTanjung Kelayang adalah semenanjung berpasir putih yang menjorok ke utara dan merupakan salah satu pantai yang indah di Belitung.

Pantai pasir putih di Tanjung Kelayang terhampar sejauh kurang lebih 4km sampai ke Tanjung Tinggi. Pantai bagian timur merupakan tempat yang baik untuk berenang. Hal ini karena permukaan dasar pantai jernih dan berpasir putih. Tempat ini juga cukup baik bagi Anda yang ingin bermain di tepi pantai karena permukaan pantai yang lebar. Pantai bagian Timur merupakan pintu masuk Tanjung Kelayang. Di bagian ini hanya terdapat hamparan pasir putih, dan tidak terdapat batu granit di pantai.

Dari pantai bagian timur inilah, pengunjung umumnya berjalan menyusuri pantai kurang lebih 300m ke arah Utara untuk dapat menemukan banyak bebatuan granit yang tersebar di sepanjang ujung semenanjung hingga di permukaan laut. Salah satu dari batuan granit tersebut berbentuk seperti burung kelayang. Oleh karena itulah, pantai ini diberi nama pantai tanjung kelayang.

 
Sedangkan pantai Tanjung Kelayang bagian barat mempunyai pemandangan yang berbeda. Panjang pantainya tidak sepanjang pantai bagian timur karena di bagian Barat terdapat lebih banyak bebatuan granit. Pemandangan dari pantai bagian barat adalah 3 pulau kecil yang kira-kira berjarak 700m dari bibir pantai yang dikombinasikan dengan bebatuan granit besar yang tersebar di permukaan laut.

Pemandangan pantai sisi barat akan menjadi lebih indah ketika matahari terbenam. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan pantai bagian barat adalah dari puncak bebatuan granit di bagian ujung semenanjung.

Tempat ketiga yang cukup indah untuk dipandang adalah dari villa yang kira-kira berjarak 500m dari ujung semenanjung Tanjung Kelayang. Tempat ini seolah secuil surga yang hilang, walaupun pemandangannya juga merupakan kombinasi dari bebatuan granit mirip dengan pantai-pantai lainnya, namun tetap memiliki keunikan dan keindahannya sendiri.

Pantai Tanjung Kelayang merupakan pusat rekreasi yang secara periodik di singgahi oleh ratusan perahu yacht yang berasal dari manca negara dalam event Sail Indonesia. Tempat ini juga merupakan pelabuhan sebagai start untuk melakukan tour island hopping yang sangat diminati oleh wisatawan yang datang ke Belitung.

Lokasi Tanjung Kelayang

Pantai ini berjarak sekitar 27 km di Utara kota Tanjungpandan dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dengan perjalanan darat.

Fasilitas di Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang dapat diakses oleh kendaraan dengan perjalanan darat dari kota Tanjung Pandan sekitar 27km dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan atau sekitar 35km dari bandara. Jalan akses ke Tanjung Kelayang juga beraspal mulus dan lebar.

Keistimewaan Tanjung Kelayang

  • Semenanjung batu granit dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya
  • Pelabuhan untuk memulai island hopping
  • Tempat persinggahan ratusan perahu yacht dari mancanegara di event sail indoensia
  • Adanya pemandangan pulau-pulau kecil di sekitarnya
  • Terdapat batu granit yang bentuknya mirip burung kelayang

Yang bisa dilakukan di Tanjung Kelayang

  • Bermain di pantai
  • Berfoto
  • Bersantai
  • Berenang karena ombak tidak terlalu tinggi

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.