Beranda » Pantai » Tanjung Binga, Pantai Khas Nelayan Bugis Di Belitung

Tanjung Binga merupakan sebuah desa nelayan yang terletak di kecamatan Sijuk yaitu sebelah utara Kota Tanjung Pandan dan di sisi barat Tanjung Tinggi. Tanjung binga berjarak sekitar 22 km dari kota Tanjung pandan atau sekitar 8 km dari pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Binga dikenal juga dengan sebutan Desa Nelayan Bugis atau Desa Keciput. Hal ini karena sebagian besar penduduk di Pantai Tanjung Binga adalah suku Bugis yang berasal dari Bone provinsi Sulawesi Selatan. Mereka telah menetap secara turun – temurun di desa tersebut dan masih memakai bahasa Bugis dalam kesehariannya.

Penduduk desa Tanjung Binga mempunyai dermaga sendiri yang memiliki fungsi sebagai tempat penjemuran ikan. Hasil tangkapan ikan yang diperoleh nelayan biasanya dijual ke kota Tanjung Pandan dan beberapa ada  yang dijual ke Jakarta, Kalimantan, dan kota lainnya.

Jika kamu mengunjungi Pantai Tanjung Binga, kamu akan disuguhi pemandangan khas desa nelayan. Banyak perahu nelayan ditambat di tepian pantai atau yang lalu – Lalang. Kamu juga dapat berfoto dengan background sederetan rumah nelayan ataupun dermaga yang menjorok sekitar 100 m dari tepi pantai maupun beberapa tempat penjemuran ikan.

Suasana pantainya yang dinaungi banyak pepohonan serta atmosfer laut yang tenang sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keseharian atau kegiatan para nelayan. Saat sore hari, kamu dapat menikmati kapal – kapal nelayan yang akan berangkat melaut ataupun anak – anak nelayan yang sedang bermain di tepi pantai sambal . Dan saat pagi hari, kamu akan melihat banyak perahu nelayan yang merapat dengan membawa banyak ikan hasil tangkapan semalam. Kamu juga dapat melihat langsung para penduduk yang menjemur ikan untuk diasinkan yang kemudian akan dijual atau dikonsumsi sendiri.

Jika kamu memandang ke laut dari pantai Tanjung Binga ini, Kamu akan dapat melihat dengan mata telanjang 5 pulau kecil yang tersebar di lautan. Pulau-pulau kecil tersebut memiliki pasir pantai yang putih dan beberapa sudut dari pulau-pulau tersebut dihiasi oleh hamparan batu granit yang indah.. Anda juga dapat melihat dengan jelas mercusuar yang ada di pulau Lengkuas dari perlabuhan tanjung binga ini.

Sepanjang jalan, jangan lupa untuk menengok ke kiri dan ke kanan, karena rumah-rumah di sepanjang jalan desa nelayan bugis ini umumnya menjual buah durian, matang pohon jika telah tiba musim durian. Ada banyak pohon durian yang terdapat di desa Tanjung Binga. Durian di sini umumnya akan berbuah satu kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Desember – Maret. Jadi kamu tidak bisa makan durian setiap saat di Tanjung Binga.

Lokasi Tanjung Binga

Pantai Tanjung Binga terletak di kecamatan Sijuk yaitu sebelah utara Kota Tanjung Pandan dan di sisi barat Tanjung Tinggi. Tanjung binga berjarak sekitar 22 km dari kota Tanjung pandan atau sekitar 8 km dari pantai Tanjung Tinggi.

Fasilitas di Tanjung Binga

Pantai dan Desa Tanjung Binga dapat ditempuh dengan jalan darat dengan estimasi waktu kurang dari 30 menit dai kota Tanjung Pandan.

Keistimewaan Tanjung Binga

  • Perkampungan nelayan tradisional dari suku bugis
  • Dekat dengan Pantai Bukit Berahu yang eksotis
  • Dapat menikmati sunset yang indah
  • Banyak durian jika musim durian tiba

Yang bisa dilakukan di Tanjung Binga

  • Bermain di pantai
  • Melihat Adat istiadat dan tradisi nelayan
  • Berfoto

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.