Beranda » Uncategorized » 5 TEMPAT WISATA DI BELITUNG SELATAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

pantai teluk gembira

Semenjak viralnya film Laskar Pelangi, Pulau Belitung masuk menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak ingin dilewatkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelumnya, masih banyak para wisatawan yang mengganggap pulau Belitung sebagai salah satu pulau yang terpencil dan juga tidak banyak yang mengetahui keindahan dari pulau ini. Padahal, pulau yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bangka ini, ternyata menyimpan sejuta pesona dan keindahan yang sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan. Oleh karena itu, jika kamu sudah memiliki rencana liburan namun kamu masih bingung untuk menentukan destinasi yang tepat, Belitung yang masih satu provinsi dengan Pulau Bangka ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk liburan.

Ada banyak tempat wisata alam baik berupa pulau, pantai, bukit, air terjun, maupun danau yang pesonanya berbeda dengan wisata alam di kota lainnya. Tempat wisata di Belitung yang sering dikunjungi wisatawan adalah Belitung bagian timur dan jelajah pulau (island hopping). Padahal, masih banyak tempat wisata lain yang sayang untuk dilewatkan di Pulau Belitung misalnya tempat wisata di Pulau Belitung bagian selatan.

Meskipun daerah Belitung bagian selatan ini merupakan daerah yang sepertinya lebih tertinggal dari bagian Pulau Belitung lainnya dan cukup terpencil, namun keindahan tempat wisata disana tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat wisata di Pulau Belitung bagian lainnya.

 

Berikut rekomendasi tempat wisata di Pulau Belitung bagian selatan yang wajib kamu kunjungi

  1. Pantai penyabong

Tempat wisata ini terletak di Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Batu Lubang. Nama “Penyabong” memiliki arti “penghubung”. Pemberian nama ini didasarkan pada kondisi batu-batu granit yang ada di pantai ini yang saling terhubung, menyambung atau menempel satu sama lain dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga memiliki bentuk yang mirip dengan dermaga, namun pembetukannya terkesan sangat alami.

Untuk mencapai pantai ini, Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 70 km dari Kota Tanjung Pandan dan akan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Perjalanan untuk menuju ke Pantai Penyabong tidak akan terasa lama karena di sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati indahnya bukit-bukit dan pepohonan yang nampak hijau dan alami. Kamu juga dapat menyaksikan pemandangan batu granit yang berdiri kokoh di pinggir jalan menuju kawasan Pantai Penyabong.

Karena Pantai Penyabong ini terletak di kawasan yang cukup terpencil, maka tidak banyak para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini, jadi kamu bisa bersantai dengan tenang disana.

 

  1. Batu Baginde

Tidak jauh dari Pantai penyabong, Anda juga dapat melihat pemandangan batuan granit yang sangat besar dan menjulang tinggi. Bentuknya hampir mirip seperti gunung atau bukit. Tempat wisata bernama Batu Baginde ini juga terletak di Kawasan Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Batu baginde ini merupakan penanda Pulau Belitung bagian selatan. Batu Baginde ini terdiri atas dua batu granit besar yang melambangkan pasangan, Masyarakat di Kawasan Membalong tersebut percaya bahwa salah satu batu tersebut berjenis kelamin pria dan satu batu lainnya berjenis kelamin wanita. Kedua batu granit tersebut memiliki tinggi yang berbeda, Batu yang satu memiliki tinggi 50 m dan masih dapat di daki atau trekking sedangkan batu lainnya memiliki tinggi 150 m dan belum ada jalur atau rute untuk mendaki ke batu yang ini, kecuali dengan rock climbing.

Masih sedikit wisatawan yang mengexplor kawasan ini. Hal ini dapat dilihat dari jalan masuk ke tempat wisata ini yang masih berbentuk jalan tanah yang sempit. Dari parkiran yang hanya merupakan sebuah lahan kosong, kamu harus lanjut untuk mendaki masuk ke dalam semacam hutan rimba. Dengan Trekking sekitar 20 menit, maka kamu akan tiba di sebuah batu granit yang berwarna hitam.

 

Untuk mendaki batu ini, hanya tersedia kayu seadanya dan tangga besi serta tali tambang yang sangat berarti dan membantu bagi para wisatawan untuk naik ke atas. Begitu sampai di atas, kamu dapat melihat batuan landai yang lega dan lanskapnya menghadap ke Batu Baginde yang besar. Untuk sementara, para pengunjung harus cukup puas hanya dengan memandangi batu baginde besar dari seberang sembari duduk menikmati angin sepoi-sepoi karena belum adanya jalur trekking untuk menuju Batu Baginde yang besar,

 

 

  1. Pantai Teluk Gembira

Masih dalam satu kawasan yang sama, kamu juga bisa mengunjungi sebuah pantai yang bernama Pantai Teluk Gembira. Selain memiliki pasir putih yang lembut, pantai ini juga memiliki bebatuan granit yang tersebar di sepanjang pesisir pantainya.

Karena letak tempat wisata yang satu ini berada di sekitar teluk maka bentuk pantainya memiliki kontur melengkung dan terdiri atas beberapa pohon cemara laut yang indah. Dengan nyiur melambai dan hijau rindang pepohonan di sekitarnya, Pantai Teluk Gembira  menjadi salah satu bukti keindahan tanah air Indonesia, salah satunya yakni Pulau Belitung.

Tempat wisata ini memiliki dermaga penyeberangan yang sering disinggahi perahu pengangkut orang setiap harinya untuk menyeberang ke pulau seliu, pulau kecil kedua dengan penduduk terbanyak setelah Pulau Mendanau. Pantai ini juga menjadi salah satu tempat untuk transaksi bisnis dan hampir tidak pernah sepi.

 

  1. Batu Penjuru Micro City

Batu Penjuru merupakan sebuah proyek property milik Arumdalu yang dibuat dengan mengusung konsep Micro City. Properti yang dibangun ditujukan secara khusus bagi kalangan modern yang menginginkan hunian tepi pantai sekaligus menjadi lapak bisnis ataupun ruang kerja, dengan mengambil landscape laut Belitung yang indah di depannya.

Bangunan yang memiliki 2 lantai ini dapat digunakan menjadi ruang bisnis di lantai bagian bawahnya, seperti untuk toko, ruang kantor maupun ruang usaha lainnya, sedangkan lantai atasnya dapat dipakai untuk tempat tinggal, kamar pribadi yang sudah full furnished. Bangunan di Batu Penjuru Micro City ini memiliki konsep ala Bavarian atau pedesaan Santorini. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini dapat berfoto selfie di bangunan-bangunan yang unik dan bercat warna-warni ini. Sungguh, sangat instagramable.

 

  1. Arumdalu Private Resort

Eco Luxury Resort ini menggabungkan antara kemewahan dengan keindahan pantai Belitung. Arumdalu resort memiliki dua pilihan tipe villa dengan kolam renang pribadi yang dapat dipesan oleh wisatawan yang menginginkan liburan ala ratu sambil menikmati semua fasilitas yang tersedia di resort ini. Pantai yang ada di depan resort merupakan pantai privat milik arumdalu yang memiliki pemandangan yang indah. Gazebo dan kursi-kursi santai yang ada di tepi pantainya ditata mewah ala Beach Club di Bali. Bagi kamu yang punya Instagram, Arumdalu juga telah menyediakan beberapa spot foto yang cantik jika dipajang di feed instagram kamu. Yang pertama adalah Unique Chapel yang menjadi signature dari resort ini. Ada yang berbentuk triangle atau limas dan ada yang berbentuk bulat tidak sempurna. Bangunan-bangunan kecil tersebut memiliki latar belakang pemandangan pantai yang bersih dan juga cantik. Ada juga bangunan mirip windmill (kincir angin) yang mana kita bisa masuk dan naik ke lantai atas untuk menikmati pemandangan laut yang mempesona. Windmill tersebut sebenarnya merupakan bangunan yang menghubungkan antara area hutan yang ada di sekitar resort dengan bukit batu granit yang terletak di pinggir pantai.

Keunggulan lain dari resort ini adalah kualitas makanan yang disajikannya.  Menu makanannya sangat luar biasa baik dari segi kualitas, penampilan maupun rasanya. Menu makanan di resort ini memiliki nama-nama yang unik dan makanannya setara dengan resto-resto papan atas di Bali yang menyajikan makanan Indonesia bergaya fusion dengan tampilan kelas dunia.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai paket tour Belitung bagian selatan seperti dijelaskan diatas atau jika Anda memiliki request itinerary perjalanan yang tidak ada dalam program tour yang kami tawarkan, Anda dapat berkonsultasi online dengan konsultan tour kami secara gratis di nomor 0811-8787-700 ( nanti copy paste link https://wa.me/628118787700 ) (telepon/SMS/WA).

 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.