Belitung atau Belitong?

1 Agustus 2020 2.431x Berita

Beranda » Berita » Belitung atau Belitong?

belitungBelitung / Belitong / Biliton merupakan sebutan untuk sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitong, Sumatera, Indonesia. Namun saya lebih suka mengikuti bahasa daerah setempat yakni menyebut dengan Belitong. Bagi para pengunjung maupun wisatawan yang datang ke Belitong, tentunya kata “Belitong” ini akan menjadi pertanyaan yang muncul pertama kali ada di benak Anda. Apakah menyebut dengan sebutan belitung atau belitong.

Bahasa Belitong memang mempunyai beberapa keunikan. Sebenarnya bahasa Belitong mirip dengan bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan bahasa Belitong termasuk bahasa Melayu. Begini teori mudahnya, sebagian besar kata yang ada dalam bahasa Belitong yang memiliki huruf “a” diganti dengan huruf “e”. Misalnya kata “bunga” menjadi “bunge”, dan “harga” menjadi “harge”. Selain itu, bahasa Belitong juga memiliki keunikan lainnya yaitu huruf “u” yang diganti menjadi huruf “o”. Misalnya kata “kampung” menjadi kata “kampong”, sehingga akhirnya kata “Belitung” menjadi kata “Belitong”. Jadi Belitong merupakan pengucapan kata Belitung dalam bahasa lokal. Pada zaman kolonial, Belitong dikenal dengan sebutan Billitone.

Untuk pertama kalinya, kata Belitong dipopulerkan keluar Belitong oleh pemilik museum kata “Andrea Hirata” dalam novelnya yang berjudul Laskar Pelangi. Di dalam novel tersebut, Andrea Hirata memakai kata Belitong. Sehingga penyebutan kata yang sama juga digunakan pada film Laskar Pelangi yang disadur dari novel karyanya tersebut.

Namun belakangan ini, kata Belitong mulai dipakai untuk maksud yang lebih unik, yakni sebagai pemersatu. Terdapat dua kabupaten di pulau Belitong yakni Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Belitung (Barat). Belitung Timur merupakan kabupaten hasil pemekaran wilayah yang sebelumnya hanya ada satu kabupaten yakni Kabupaten Belitung. Oleh karena itu, orang disana menamakan penduduk Kabupaten Belitung Timur dengan nama Orang Belitong, yang artinya orang dari pulau Belitong. Hal ini untuk tetap menyatukan identitas dari masyarakat Belitong, tanpa memandang dari kabupaten mana dia berasal.

Sebagai daerah kepulauan, Belitong terkenal akan pulau-pulau kecil yang cukup banyak terdapat disana. Bedanya dengan pulau di tempat lain, pulau-pulau di Belitong dihiasi dengan batu-batu granit yang terkenal akan keindahannya. Belitong juga terkenal dengan sebutan surganya seafood. Dan jika Anda suka ngopi sambal kongkow, di Belitong banyak warung kopi kong djie yang terkenal sejak tahun 1945.  Bagi Anda yang ingin berwisata ke Belitong, Anda tidak perlu khawatir dengan kemacetan lalu lintas,. Semua jalanan di Belitong dijamin lancar dan bebas dari kemacetan. Selain lada dan kelapa sawit, Belitong juga terkenal akan tambang timah/kaolin. Bahan mineral ini umumnya digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan pasta gigi. Bekas kerukan tambang timah tersebut akhirnya akan membentuk danau dan ada yang telah menjadi salah satu objek wisata yang terkenal untuk dikunjungi yakni Danau Kaolin.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.